Kemaren pada postingan sebelumnya saya sudah pernah memberikan sedikit tutorial untuk membuat kalkulator sederhana bisa dilihat disini Membuat Kalkulator Sederhana dengan Netbeans tapi dengan dua inputan.. kali ini saya akan mencoba mengulas cara membuat Kalkulator yang lebih komplit lagi. langsung aja berikut Outputnya:
komponentnya:
1. JTextFiled: 1 dengan nama variabel: txtLayar
2. JButton: 18 dengan nama variabel btnsatu,btndua,btntiga,btnempat,btnlima,btnenam,btntujuh,
btndelapan,btnsembilan,btnnol,btnkali,btnbagi,btntambah,btnkurang,btnclear,btnsamadengan,btnpersen,btnexit
3. JLabel: 2: By Hand Excel & KALKULATOR
dan Berikut Scriptnya:
public class kalkulator extends javax.swing.JFrame {
String angka;
double total, bilanganSatu, bilanganDua;Â Â Â int pilihan;
private void btnnolActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+=”0″;
txtLayar.setText(angka); //untuk button 0
}
private void btnclearActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
txtLayar.setText(“”);
bilanganSatu = 0;
bilanganDua = 0; //untuk button C
total = 0;
angka =””;
}
private void btnsamadenganActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
switch(pilihan){
case 1:
bilanganDua = Double.parseDouble(angka); //untuk button =
total = bilanganSatu / bilanganDua;
angka = Double.toString(total);
txtLayar.setText(angka);
break;
case 2:
bilanganDua = Double.parseDouble(angka);
total = bilanganSatu + bilanganDua;
angka = Double.toString(total);
txtLayar.setText(angka);
break;
case 3:
bilanganDua = Double.parseDouble(angka);
total = bilanganSatu – bilanganDua;
angka = Double.toString(total);
txtLayar.setText(angka);
break;
case 4:
bilanganDua = Double.parseDouble(angka);
total = bilanganSatu * bilanganDua;
angka = Double.toString(total);
txtLayar.setText(angka);
break;
case 5:
bilanganDua = Double.parseDouble(angka);
total = 0.01*bilanganDua;
angka = Double.toString(total);
txtLayar.setText(angka);
break;
default:
break;
}
}
private void btnkaliActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
bilanganSatu = Double.parseDouble(angka);
txtLayar.setText(“*”); //untuk button x
angka =””;
pilihan =4;
}
private void btnbagiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
bilanganSatu = Double.parseDouble(angka);
txtLayar.setText(“/”);
angka =””;
pilihan =1;
}
private void btntambahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
bilanganSatu = Double.parseDouble(angka);
txtLayar.setText(“+”); //untuk button +
angka =””;
pilihan =2;
}
private void btnkurangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
bilanganSatu = Double.parseDouble(angka);
txtLayar.setText(“-“); //untuk button –
angka =””;
pilihan =3;
}
private void btnsatuActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+=”1″; //untuk button 1
txtLayar.setText(angka);
}
private void btnduaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+=”2″; //untuk button 2
txtLayar.setText(angka);
}
private void btntigaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+=”3″; //untuk button 3
txtLayar.setText(angka);
}
private void btnempatActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+=”4″; //untuk button 4
txtLayar.setText(angka);
}
private void btnlimaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+=”5″; //untuk button 5
txtLayar.setText(angka);
}
private void btnenamActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+=”6″; //untuk button 6
txtLayar.setText(angka);
}
private void btntujuhActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+=”7″; //untuk button 7
txtLayar.setText(angka);
}
private void btndelapanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+=”8″; //untuk button 8
txtLayar.setText(angka);
}
private void btnsembilanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+=”9″; //untuk button 9
txtLayar.setText(angka);
}
private void btnexitActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
System.exit(0);Â //untuk button exit
}
private void btnpersenActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
bilanganSatu = Double.parseDouble(angka);
txtLayar.setText(“%”); //untuk button %
angka =””;
pilihan =5;
}
Semoga bermanfaat…..
Leave a comment