GNU LGPL dan AGPL


 

GNU Lesser General Public License (LGPL)

Versi dari Lisensi Publik Umum GNU Lesser menggabungkan persyaratan dan kondisi dari versi 3 dari GNU General Public License, dilengkapi dengan izin tambahan yang tercantum di bawah.

0. Definisi tambahan.

Seperti digunakan disini, “Lisensi ini” mengacu pada versi 3 dari Lisensi Publik Umum GNU Lesser, dan “GNU GPL” mengacu ke versi 3 dari GNU General Public License.

Perpustakaan” mengacu pada sebuah karya tertutup diatur oleh Lisensi ini, selain Permohonan atau Kerja Gabungan sebagaimana didefinisikan di bawah.

Sebuah “Aplikasi” adalah setiap pekerjaan yang membuat penggunaan antarmuka yang disediakan oleh Perpustakaan, tetapi yang tidak dinyatakan berdasarkan Perpustakaan. Mendefinisikan sebuah subclass dari kelas didefinisikan oleh Perpustakaan dianggap modus menggunakan antarmuka yang disediakan oleh Perpustakaan.

Sebuah “Pekerjaan Gabungan” adalah karya yang dihasilkan dengan menggabungkan atau menghubungkan Permohonan dengan Perpustakaan. Versi khusus dari Perpustakaan yang Bekerja Gabungan dibuat juga disebut “Linked Version”.

The “Sumber Sesuai Minimal” untuk Kerja Gabungan berarti Source korespondensi untuk Karya Gabungan, termasuk kode sumber untuk bagian-bagian dari Kerja Gabungan itu, dipertimbangkan dalam isolasi, didasarkan pada Aplikasi, dan bukan pada Versi Linked.

Aplikasi Kode Sesuai” untuk Kerja Gabungan berarti kode objek dan / atau kode sumber untuk aplikasi, termasuk data dan program utilitas yang diperlukan untuk mereproduksi Kerja Gabungan dari Aplikasi, tetapi tidak termasuk Perpustakaan Sistem Karya Gabungan.

1. Pengecualian untuk Bagian 3 dari GNU GPL.

Anda dapat menyampaikan pekerjaan yang tercakup dalam bagian 3 dan 4 dari Lisensi ini tanpa terikat oleh bagian 3 dari GNU GPL.

2. Menyampaikan Versi Modifikasi.

Jika Anda memodifikasi salinan Perpustakaan, dan, di modifikasi Anda, fasilitas mengacu ke fungsi atau data yang akan disediakan oleh Aplikasi yang menggunakan fasilitas (selain sebagai argumen berlalu ketika fasilitas dipanggil), maka Anda mungkin menyampaikan salinan versi modifikasi:

  • a) di bawah Lisensi ini, dengan syarat bahwa Anda melakukan upaya itikad baik untuk menjamin bahwa, dalam hal Permohonan tidak menyediakan fungsi atau data, fasilitas masih beroperasi, dan melakukan apa pun bagian dari tujuan yang tetap bermakna, atau

  • b) di bawah GNU GPL, dengan tidak ada hak akses tambahan Lisensi ini berlaku untuk menyalin itu.

3. Kode Obyek Menggabungkan File header Bahan dari Perpustakaan.

Kode bentuk objek Permohonan dapat menggabungkan bahan dari sebuah file header yang merupakan bagian dari Perpustakaan. Anda dapat menyampaikan kode objek seperti di bawah persyaratan pilihan Anda, dengan ketentuan bahwa, jika bahan dimasukkan tidak terbatas pada numerik, struktur layout parameter data dan accesor, atau macro kecil, fungsi inline dan template (sepuluh atau lebih sedikit baris di panjang), Anda melakukan keduanya sebagai berikut:

  • a) Berikan pemberitahuan yang jelas dengan setiap salinan dari kode objek yang digunakan Perpustakaan di dalamnya dan bahwa Perpustakaan dan penggunaannya tercakup oleh Lisensi ini.

  • b) Menemani kode objek dengan salinan dari GNU GPL dan dokumen lisensi ini.

4. Gabungan Pekerjaan.

Anda dapat menyampaikan Kerja Gabungan dengan persyaratan pilihan anda itu, diambil bersama-sama, secara efektif tidak membatasi modifikasi bagian dari Perpustakaan terkandung dalam Kerja Gabungan dan reverse engineering untuk debugging modifikasi seperti itu, jika Anda juga melakukan setiap hal berikut:

  • a) Berikan pemberitahuan yang jelas dengan setiap salinan dari Kerja Gabungan bahwa Perpustakaan yang digunakan di dalamnya dan bahwa Perpustakaan dan penggunaannya tercakup oleh Lisensi ini.

  • b) Menemani Kerja Gabungan dengan salinan dari GNU GPL dan dokumen lisensi ini.

  • c) Untuk Kerja Gabungan yang menampilkan pemberitahuan hak cipta selama eksekusi, termasuk pemberitahuan hak cipta untuk Perpustakaan antara pemberitahuan ini, serta referensi mengarahkan pengguna ke salinan dari GNU GPL dan dokumen lisensi ini.

  • d) Lakukan salah satu dari berikut:

    • 0) Sampaikan Source Sesuai Minimal bawah persyaratan Lisensi ini, dan Kode Aplikasi Sesuai dalam bentuk yang cocok untuk, dan di bawah persyaratan yang memungkinkan, pengguna untuk bergabung atau relink Aplikasi dengan versi modifikasi dari Versi Terkait dengan menghasilkan dimodifikasi Kerja Gabungan, dalam cara yang ditentukan oleh pasal 6 dari GNU GPL untuk menyampaikan Sumber Sesuai.

    • 1) Gunakan mekanisme shared library yang cocok untuk menghubungkan dengan Perpustakaan. Mekanisme yang sesuai adalah salah satu yang (a) menggunakan pada saat menjalankan salinan Perpustakaan sudah ada pada sistem komputer pengguna, dan (b) akan beroperasi dengan baik dengan versi modifikasi dari Perpustakaan yang adalah interface yang kompatibel dengan versi Linked.

  • e) Memberikan Informasi Instalasi, tetapi hanya jika Anda sebaliknya akan diminta untuk memberikan informasi seperti di bawah bagian 6 dari GNU GPL, dan hanya sejauh bahwa informasi tersebut diperlukan untuk menginstal dan menjalankan versi modifikasi dari Kerja Gabungan yang dihasilkan oleh rekombinasi atau relinking Aplikasi dengan versi modifikasi dari Versi Linked. (Jika Anda menggunakan pilihan 4d0, Informasi Instalasi harus menemani Source Sesuai Minimal dan Kode Aplikasi Sesuai Jika Anda menggunakan pilihan 4d1, Anda harus menyediakan Informasi Instalasi di cara yang ditentukan oleh pasal 6 dari GNU GPL untuk menyampaikan Sumber Sesuai..)

5. Gabungan Perpustakaan.

Anda dapat menempatkan fasilitas perpustakaan yang merupakan kerja berdasarkan sisi Perpustakaan berdampingan di satu perpustakaan bersama-sama dengan fasilitas perpustakaan lainnya yang tidak Aplikasi dan tidak tercakup oleh Lisensi ini, dan menyampaikan seperti perpustakaan gabungan dalam hal pilihan Anda, jika Anda melakukan keduanya sebagai berikut:

  • a) Menemani perpustakaan dikombinasikan dengan salinan karya yang sama berdasarkan Perpustakaan, bentuk bebas dengan fasilitas perpustakaan lainnya, disampaikan di bawah persyaratan Lisensi ini.

  • b) Berikan pemberitahuan yang jelas dengan perpustakaan gabungan yang bagian dari itu adalah suatu karya yang berdasarkan Perpustakaan, dan menjelaskan di mana untuk menemukan bentuk bentuk bebas yang menyertai pekerjaan yang sama.

6. Revisi Versi Public License GNU Lesser General.

Free Software Foundation diperbolehkan menerbitkan versi revisi dan / atau versi baru dari Lisensi Publik Umum GNU Lesser dari waktu ke waktu. Versi baru semacam itu akan memiliki semangat yang sama dengan versi sebelumnya, tapi dapat berbeda detil untuk menangani problem baru atau perhatian baru.

Setiap versi diberikan nomor versi yang membedakan. Jika Perpustakaan saat Anda menerimanya menetapkan bahwa nomor versi tertentu dari Lisensi Publik Umum GNU Lesser “atau versi” berlaku untuk itu, Anda memiliki pilihan untuk mengikuti syarat dan kondisi dari versi yang dipublikasikan atau versi yang lebih baru diterbitkan oleh Free Software Foundation. Jika Perpustakaan sebagai Anda terima tidak menentukan nomor versi dari Lisensi Publik Umum GNU Lesser, Anda dapat memilih versi dari Lisensi Publik Umum GNU Lesser yang pernah diterbitkan oleh Free Software Foundation.

Jika Perpustakaan saat Anda menerimanya menetapkan bahwa proxy dapat memutuskan apakah versi masa depan dari Lisensi Publik Umum GNU Lesser berlaku, pernyataan publik bahwa proxy penerimaan versi apapun otorisasi permanen bagi Anda untuk memilih versi yang untuk Perpustakaan.

GNU Affero General Public License (AGPL)

GNU Affero General Public License adalah lisensi, copyleft bebas untuk perangkat lunak dan jenis karya lainnya, khusus dirancang untuk memastikan kerjasama dengan masyarakat dalam hal perangkat lunak server jaringan.

The lisensi untuk perangkat lunak yang paling dan karya-karya praktis lainnya yang dirancang untuk merebut kebebasan anda untuk berbagi dan mengubah bekerja. Sebaliknya, Lisensi Publik Umum kami dimaksudkan untuk menjamin kebebasan anda untuk berbagi dan mengubah semua versi program – untuk memastikan tetap perangkat lunak bebas bagi penggunanya.

Ketika kita berbicara tentang perangkat lunak bebas, kita mengacu kepada kebebasan, bukan harga. Lisensi Publik Umum kami dirancang untuk memastikan bahwa Anda memiliki kebebasan untuk mendistribusikan salinan dari perangkat lunak bebas (dan biaya untuk mereka jika Anda mau), bahwa Anda mendapatkan source code atau bisa mendapatkannya jika Anda mau, Anda dapat mengubah perangkat lunak atau menggunakan potongan-potongan dalam program gratis baru, dan Anda tahu bahwa Anda dapat melakukan hal ini.

Pengembang yang menggunakan Lisensi Publik Umum kami melindungi hak-hak Anda dengan dua langkah: (1) menegaskan hak cipta pada perangkat lunak, dan (2) menawarkan Lisensi ini yang memberi Anda izin legal untuk menyalin, mendistribusikan dan / atau memodifikasi perangkat lunak.

Manfaat sekunder membela kebebasan semua pengguna ‘adalah bahwa perbaikan yang dibuat di versi alternatif dari program, jika mereka menerima digunakan secara luas, menjadi tersedia untuk pengembang lain untuk menggabungkan. Banyak pengembang perangkat lunak gratis yang berbesar hati dan didorong oleh kerjasama yang dihasilkan. Namun, dalam kasus perangkat lunak yang digunakan pada server jaringan, hasil ini mungkin gagal untuk terjadi. Lisensi GNU General Public memungkinkan membuat versi modifikasi dan membiarkan akses publik pada server tanpa pernah melepaskan kode sumbernya kepada publik.

GNU Affero General Public License dirancang khusus untuk memastikan bahwa, dalam kasus tersebut, kode sumber yang diubah menjadi tersedia untuk masyarakat. Hal ini membutuhkan operator server jaringan untuk menyediakan kode sumber versi modifikasi berjalan di sana untuk para pengguna server. Oleh karena itu, penggunaan publik versi modifikasi, pada server yang dapat diakses publik, memberikan akses publik ke kode sumber versi yang diubah.

Lisensi yang lebih tua, yang disebut Lisensi Affero General Public dan diterbitkan oleh Affero, dirancang untuk mencapai tujuan yang sama. Ini adalah lisensi yang berbeda, bukan versi GPL Affero, namun Affero telah merilis versi baru dari Affero GPL yang memungkinkan relicensing bawah lisensi ini.

Para tepat syarat dan kondisi untuk menyalin, distribusi dan ikuti modifikasi.

SYARAT DAN KONDISI

0. Definisi.

Lisensi ini” mengacu pada versi 3 dari Lisensi Publik Umum GNU Affero.

Hak Cipta” juga berarti hak cipta seperti hukum yang berlaku untuk jenis lain bekerja, seperti masker semikonduktor.

Program” mengacu pada pekerjaan copyrightable berlisensi di bawah Lisensi ini. Setiap pemegang lisensi disebut sebagai “Anda”. “Lisensi” dan “penerima” dapat berupa individu atau organisasi.

Untuk “memodifikasi” sebuah karya berarti untuk menyalin dari atau beradaptasi semua atau bagian dari pekerjaan dengan cara yang membutuhkan izin hak cipta, selain pembuatan salinan persis. Karya yang dihasilkan disebut “versi dimodifikasi” dari pekerjaan sebelumnya atau karya “berdasarkan” karya sebelumnya.

Sebuah “pekerjaan tertutup” berarti si Program itu dimodifikasi atau karya berdasarkan si Program.

Untuk “menyebarkan” sebuah karya berarti melakukan sesuatu dengan itu yang, tanpa izin, akan membuat Anda secara langsung atau sekunder bertanggung jawab untuk pelanggaran di bawah hukum hak cipta yang berlaku, kecuali mengeksekusi pada komputer atau memodifikasi salinan pribadi. Propagasi termasuk menyalin, distribusi (dengan atau tanpa modifikasi), membuat tersedia untuk umum, dan di beberapa negara kegiatan lain juga.

Untuk “menyampaikan” sebuah karya berarti setiap jenis propagasi yang memungkinkan pihak lain untuk membuat atau menerima salinan. Mere interaksi dengan pengguna melalui jaringan komputer, dengan tidak ada transfer salinan, tidak menyampaikan.

Sebuah antarmuka pengguna interaktif menampilkan “Pernyataan Hukum tepat” sejauh itu termasuk fitur yang mudah digunakan dan mencolok terlihat bahwa (1) menampilkan pemberitahuan hak cipta, dan (2) memberitahu pengguna bahwa tidak ada garansi untuk pekerjaan (kecuali untuk sejauh bahwa jaminan yang disediakan), bahwa pemegang lisensi dapat menyampaikan bekerja di bawah Lisensi ini, dan bagaimana untuk melihat salinan dari Lisensi ini. Jika antarmuka menyajikan daftar perintah pengguna atau pilihan, seperti menu, item yang menonjol dalam daftar tersebut memenuhi kriteria ini.

1. Kode Sumber.

The “kode sumber” dari sebuah karya berarti bentuk yang diinginkan dari pekerjaan untuk membuat modifikasi untuk itu. “Obyek kode” berarti setiap bentuk non-sumber karya.

Sebuah “Antarmuka Standar” berarti sebuah antarmuka yang baik merupakan standar resmi yang ditetapkan oleh badan standar yang diakui, atau, dalam kasus antarmuka yang ditentukan untuk sebuah bahasa pemrograman tertentu, salah satu yang banyak digunakan kalangan pengembang bekerja dalam bahasa.

The “Perpustakaan Sistem” dari sebuah karya yang dapat dijalankan termasuk apa-apa, selain bekerja sebagai keseluruhan, bahwa (a) adalah termasuk dalam bentuk normal kemasan Komponen Mayor, tetapi yang tidak bagian dari Komponen Mayor, dan (b) hanya melayani untuk memungkinkan penggunaan karya dengan Komponen Mayor, atau untuk melaksanakan Interface Standar yang implementasi tersedia untuk umum dalam bentuk kode sumber. Sebuah “Komponen Mayor”, dalam konteks ini, berarti komponen penting utama (kernel, sistem jendela, dan sebagainya) dari sistem operasi tertentu (jika ada) yang bekerja dieksekusi berjalan, atau compiler yang digunakan untuk menghasilkan pekerjaan, atau juru kode objek yang digunakan untuk menjalankannya.

The “Sumber Sesuai” untuk bekerja dalam bentuk kode objek berarti semua kode sumber yang diperlukan untuk menghasilkan, menginstal, dan (untuk karya dieksekusi) menjalankan kode objek dan memodifikasi pekerjaan, termasuk script untuk mengontrol kegiatan tersebut. Namun, tidak termasuk pekerjaan itu Sistem Perpustakaan, atau tujuan umum alat atau program gratis tersedia secara umum yang digunakan dimodifikasi dalam melakukan kegiatan-kegiatan, tetapi yang bukan merupakan bagian dari pekerjaan. Misalnya, Source Sesuai termasuk file definisi antarmuka terkait dengan file sumber untuk pekerjaan, dan kode sumber untuk shared library dan subprogram terkait secara dinamis yang bekerja secara khusus dirancang untuk membutuhkan, seperti dengan komunikasi data intim atau aliran kontrol antara subprogram dan bagian lain dari pekerjaan.

Source Sesuai tidak perlu menyertakan apapun yang pengguna dapat beregenerasi secara otomatis dari bagian lain dari Sumber Sesuai.

Source sesuai untuk pekerjaan dalam bentuk kode sumber adalah bahwa pekerjaan yang sama.

2. Dasar Permissions.

Semua hak yang diberikan di bawah Lisensi ini diberikan untuk jangka hak cipta pada Program, dan ditarik kembali diberikan kondisi yang dinyatakan terpenuhi. Lisensi ini secara eksplisit menegaskan izin Anda yang tidak terbatas untuk menjalankan Program dimodifikasi. Output dari menjalankan pekerjaan ditutupi ditutupi oleh Lisensi ini hanya jika output, mengingat isinya, merupakan sebuah karya tertutup. Lisensi ini mengakui hak Anda mengenai penggunaan yang adil atau yang setara lainnya, sebagaimana diatur oleh hukum hak cipta.

Anda dapat membuat, menjalankan dan menyebarkan karya yang dilindungi yang tidak menyampaikan, tanpa syarat selama lisensi Anda dinyatakan tetap berlaku. Anda dapat menyampaikan karya yang dilindungi kepada orang lain untuk tujuan tunggal memiliki mereka membuat modifikasi khusus untuk Anda, atau memberikan Anda dengan fasilitas untuk menjalankan pekerjaan itu, asalkan Anda mematuhi persyaratan Lisensi ini dalam menyampaikan semua materi yang Anda tidak mengendalikan hak cipta. Mereka dengan demikian membuat atau menjalankan karya yang dilindungi untuk Anda harus melakukannya secara eksklusif atas nama Anda, di bawah arahan dan kontrol, pada istilah yang melarang mereka dari membuat salinan materi hak cipta di luar hubungan Anda dengan Anda.

Menyampaikan dalam keadaan lain diperbolehkan hanya di bawah kondisi yang dinyatakan di bawah ini. Sublicensing tidak diperbolehkan; bagian 10 membuat tidak perlu.

3. Melindungi Hak Hukum Pengguna ‘Dari Anti-UU pengelakan.

Tidak ada pekerjaan tertutup dianggap bagian dari langkah teknologi yang efektif di bawah hukum yang berlaku memenuhi kewajibannya di bawah pasal 11 dari perjanjian hak cipta WIPO diadopsi pada tanggal 20 Desember 1996, atau hukum yang serupa yang melarang atau membatasi pengelakan dari tindakan tersebut.

Ketika Anda menyampaikan pekerjaan tertutup, Anda melepaskan setiap kekuatan hukum untuk melarang tindakan pengelakan teknologi untuk sejauh pengelakan tersebut dipengaruhi oleh hak berolahraga di bawah Lisensi ini sehubungan dengan pekerjaan tertutup, dan Anda melepaskan setiap niat untuk membatasi operasi atau modifikasi dari bekerja sebagai sarana menegakkan, terhadap pengguna pekerjaan, atau Anda pihak ketiga hak-hak hukum untuk melarang tindakan pengelakan teknologi.

4. Menyampaikan Salinan Verbatim.

Anda dapat menyampaikan salinan verbatim kode sumber Program saat Anda menerimanya, dalam media apapun, asalkan Anda mencolok dan tepat mempublikasikan di setiap salinan pemberitahuan hak cipta; tetap utuh semua pemberitahuan yang menyatakan bahwa Lisensi ini dan non-permisif istilah ditambahkan dalam sesuai dengan Bagian 7 berlaku untuk kode; tetap utuh semua pemberitahuan dari ketiadaan garansi apa pun, dan memberikan semua penerima salinan dari Lisensi ini bersama si Program.

Anda mungkin biaya apapun harga atau tidak ada harga untuk setiap salinan yang Anda sampaikan, dan Anda dapat menawarkan dukungan atau perlindungan garansi untuk biaya.

5. Versi Modifikasi menyampaikan Sumber.

Anda dapat menyampaikan suatu karya berdasarkan si Program, atau modifikasi untuk menghasilkan dari Program, dalam bentuk kode sumber di bawah ketentuan bagian 4, dengan syarat Anda juga memenuhi semua persyaratan ini:

  • a) Pekerjaan harus membawa pemberitahuan menyolok yang memberitahukan bahwa Anda diubah, dan memberikan tanggal yang relevan.

  • b) Pekerjaan harus membawa pemberitahuan menyolok yang memberitahukan bahwa itu dirilis di bawah Lisensi ini dan setiap kondisi ditambahkan di bawah bagian 7. Persyaratan ini memodifikasi persyaratan pada bagian 4 untuk “tetap utuh semua pemberitahuan”.

  • c) Anda harus lisensi seluruh pekerjaan, secara keseluruhan, di bawah Lisensi ini kepada siapa saja yang datang ke dalam kepemilikan salinan. Lisensi ini karena itu akan menerapkan, bersama dengan ketentuan yang berlaku 7 bagian tambahan, untuk seluruh pekerjaan, dan semua bagian-bagiannya, terlepas dari bagaimana mereka dikemas. Lisensi ini tidak memberikan izin untuk lisensi bekerja dengan cara lain, tetapi tidak membatalkan izin tersebut jika Anda telah menerimanya secara terpisah.

  • d) Jika pekerjaan memiliki antarmuka pengguna yang interaktif, masing-masing harus menampilkan Pernyataan Hukum tepat, namun jika program ini memiliki antarmuka interaktif yang tidak menampilkan Pernyataan Hukum tepat, pekerjaan Anda tidak perlu membuat mereka melakukannya.

Sebuah kompilasi dari karya ditutupi dengan karya yang terpisah dan independen lainnya, yang tidak dengan ekstensi sifat dari pekerjaan tertutup, dan yang tidak digabungkan dengan itu seperti untuk membentuk sebuah program yang lebih besar, dalam atau pada volume penyimpanan atau distribusi menengah, disebut “agregat” jika kompilasi dan hak ciptanya yang dihasilkan tidak digunakan untuk membatasi akses atau hak-hak hukum pengguna kompilasi di luar apa yang memungkinkan individu bekerja. Pencantuman karya tercakup dalam suatu agregat tidak menyebabkan Lisensi ini berlaku untuk bagian lain dari agregat.

6. Menyampaikan Non-Sumber Formulir.

Anda dapat menyampaikan pekerjaan yang tercakup dalam bentuk kode objek di bawah persyaratan dari bagian 4 dan 5, dengan syarat bahwa Anda juga menyampaikan Source mesin yang dapat dibaca Sesuai bawah persyaratan Lisensi ini, dalam salah satu cara ini:

  • a) Sampaikan kode objek, atau diwujudkan dalam, suatu produk fisik (termasuk media distribusi fisik), disertai oleh Sumber Sesuai tetap pada medium fisik tahan lama yang dipergunakan untuk pertukaran perangkat lunak.

  • b) Menyampaikan kode objek, atau diwujudkan dalam, suatu produk fisik (termasuk media distribusi fisik), disertai dengan penawaran tertulis, yang berlaku untuk setidaknya tiga tahun dan berlaku selama Anda menawarkan suku cadang atau dukungan pelanggan untuk itu model produk, untuk memberikan siapa saja yang memiliki kode objek baik (1) salinan Source sesuai untuk semua perangkat lunak dalam produk yang tercakup oleh Lisensi ini, pada medium fisik tahan lama yang dipergunakan untuk pertukaran perangkat lunak, untuk harga tidak ada lebih dari biaya yang wajar Anda secara fisik melakukan ini menyampaikan sumber, atau (2) akses ke salinan Source Sesuai dari server jaringan tanpa biaya.

  • c) Menyampaikan salinan individu kode objek dengan salinan penawaran tertulis untuk menyediakan Source Sesuai. Alternatif ini diperbolehkan hanya kadang-kadang dan noncommercially, dan hanya jika Anda menerima kode objek dengan penawaran, sesuai dengan ayat 6b.

  • d) Sampaikan kode objek dengan menawarkan akses dari tempat yang telah ditentukan (gratis atau biaya), dan menawarkan akses setara dengan Sumber Sesuai dengan cara yang sama melalui tempat yang sama tanpa biaya lebih lanjut. Anda tidak membutuhkan penerima untuk menyalin Source Sesuai bersama dengan kode obyek. Jika tempat untuk menyalin kode objek adalah server jaringan, Source Sesuai mungkin pada server yang berbeda (dioperasikan oleh Anda atau pihak ketiga) yang mendukung fasilitas menyalin setara, asalkan Anda mempertahankan arah yang jelas di sebelah kode obyek mengatakan mana untuk menemukan Sumber Sesuai. Terlepas dari apa server host Source Sesuai, Anda tetap berkewajiban untuk memastikan bahwa itu tersedia selama diperlukan untuk memenuhi persyaratan ini.

  • e) Sampaikan kode obyek menggunakan peer-to-peer transmisi, asalkan Anda menginformasikan rekan-rekan lain di mana kode objek dan Sumber Sesuai pekerjaan yang ditawarkan kepada masyarakat umum tanpa biaya dalam ayat 6d.

Sebagian terpisah dari kode objek, yang kode sumbernya dikecualikan dari Sumber Sesuai sebagai Sistem Perpustakaan, tidak perlu dimasukkan dalam menyampaikan kerja kode objek.

Sebuah “Pengguna Produk” adalah baik (1) “produk konsumen”, yang berarti harta pribadi yang nyata yang biasanya digunakan untuk pribadi, keluarga, atau keperluan rumah tangga, atau (2) apa pun yang dirancang atau dijual untuk dimasukkan ke dalam sebuah hunian. Dalam menentukan apakah suatu produk adalah produk konsumen, kasus diragukan harus diselesaikan dalam mendukung cakupan. Untuk produk tertentu yang diterima oleh pengguna tertentu, “biasanya digunakan” mengacu pada penggunaan khas atau umum kelas produk, terlepas dari status pengguna tertentu atau cara di mana pengguna tertentu benar-benar menggunakan, atau mengharapkan, atau diharapkan untuk menggunakan, produk. Produk A adalah produk konsumen terlepas dari apakah produk tersebut telah menggunakan komersial, industri atau non-konsumen yang besar, kecuali jika penggunaan tersebut mewakili hanya modus yang signifikan dari penggunaan produk.

Instalasi Informasi” untuk Produk Pengguna berarti setiap metode, prosedur, kunci otorisasi, atau informasi lain yang diperlukan untuk menginstal dan menjalankan versi modifikasi dari sebuah karya yang tercakup dalam Produk Pengguna dari versi modifikasi dari Sumber Sesuai nya. Informasi harus cukup untuk memastikan bahwa fungsi lanjutan dari kode objek yang dimodifikasi dalam kasus tidak dicegah atau mengganggu dengan semata-mata karena modifikasi telah dibuat.

Jika Anda menyampaikan sebuah karya kode objek di bawah bagian ini, atau dengan, atau khusus untuk digunakan dalam, Produk Pengguna, dan menyampaikan terjadi sebagai bagian dari transaksi di mana hak kepemilikan dan penggunaan Produk Pengguna ditransfer ke penerima selamanya atau untuk jangka waktu tertentu (terlepas dari bagaimana transaksi ditandai), Source Sesuai disampaikan dalam bagian ini harus disertai dengan Informasi Instalasi. Tapi persyaratan ini tidak berlaku jika Anda maupun pihak ketiga tetap memiliki kemampuan untuk menginstal kode objek diubah pada Produk Pengguna (misalnya, pekerjaan telah diinstal di ROM).

Persyaratan untuk memberikan Informasi Instalasi tidak termasuk persyaratan untuk terus memberikan layanan dukungan, garansi, atau update untuk pekerjaan yang telah dimodifikasi atau diinstal oleh penerima, atau untuk Produk Pengguna yang telah dimodifikasi atau diinstal. Akses ke jaringan dapat ditolak ketika modifikasi sendiri material dan mempengaruhi pengoperasian jaringan atau melanggar aturan dan protokol untuk komunikasi di jaringan.

Sumber Sesuai disampaikan, dan Instalasi Informasi yang disediakan, sesuai dengan bagian ini harus dalam format yang umum didokumentasikan (dan dengan implementasi yang tersedia untuk umum dalam bentuk kode sumber), dan harus tidak memerlukan password khusus atau kunci untuk membongkar, membaca atau menyalin.

7. Ketentuan Tambahan.

Hak akses Tambahan” adalah istilah yang melengkapi persyaratan Lisensi ini dengan membuat pengecualian dari satu atau lebih kondisi tersebut. Izin tambahan yang berlaku untuk seluruh Program harus diperlakukan seolah-olah mereka termasuk dalam Lisensi ini, sejauh bahwa mereka sah menurut hukum yang berlaku. Jika izin tambahan hanya berlaku untuk bagian dari Program, bagian yang dapat digunakan secara terpisah di bawah mereka izin, namun seluruh Program tetap diatur oleh Lisensi ini tanpa memperhatikan hak akses tambahan.

Ketika Anda menyampaikan salinan karya tertutup, Anda mungkin pada pilihan Anda menghapus hak akses tambahan dari salinan yang, atau dari setiap bagian dari itu. (Izin tambahan dapat ditulis untuk meminta penghapusan mereka sendiri dalam kasus-kasus tertentu ketika Anda memodifikasi pekerjaan.) Anda dapat menempatkan hak akses tambahan pada bahan, ditambahkan oleh Anda untuk pekerjaan tertutup, yang Anda memiliki atau dapat memberikan izin hak cipta yang sesuai.

Menyimpang dari ketentuan lain dari Lisensi ini, untuk bahan Anda tambahkan ke pekerjaan tertutup, Anda mungkin (jika diizinkan oleh pemegang hak cipta dari materi yang) melengkapi persyaratan Lisensi ini dengan istilah:

  • a) Disclaiming garansi atau membatasi kewajiban berbeda dari segi bagian 15 dan 16 dari Lisensi ini, atau

  • b) Memerlukan pelestarian ditentukan pemberitahuan hukum yang wajar atau atribusi penulis dalam materi itu atau dalam Pernyataan Hukum Tepat ditampilkan oleh karya berisi itu, atau

  • c) Melarang keliru tentang asal-usul bahan itu, atau mensyaratkan bahwa versi modifikasi dari materi tersebut ditandai dengan cara yang wajar sebagai berbeda dari versi asli, atau

  • d) Membatasi penggunaan untuk tujuan publisitas nama pemberi lisensi atau penulis bahan, atau

  • e) Penurunan untuk memberikan hak berdasarkan hukum merek dagang untuk menggunakan beberapa nama dagang, merek dagang, atau merek layanan, atau

  • f) Memerlukan ganti rugi dari pemberi lisensi dan penulis bahwa bahan oleh siapa pun yang menyampaikan materi (atau versi yang dimodifikasi dari itu) dengan asumsi kontrak kewajiban kepada penerima, untuk setiap kewajiban kontrak yang asumsi-asumsi ini langsung memaksakan pada mereka pemberi lisensi dan penulis.

Semua non-permisif tambahan istilah lainnya yang dianggap “pembatasan lebih lanjut” dalam arti kata pasal 10. Jika Program yang Anda menerimanya, atau bagian dari itu, berisi pemberitahuan yang menyatakan bahwa itu diatur oleh Lisensi ini bersama dengan sebuah istilah yang merupakan pembatasan lebih lanjut, Anda dapat menghapus istilah itu. Jika dokumen lisensi ini berisi pembatasan lebih lanjut tapi izin relicensing atau menyampaikan bawah Lisensi ini, Anda dapat menambah bahan kerja tertutup diatur oleh ketentuan-ketentuan dari dokumen lisensi, dengan ketentuan bahwa pembatasan lebih lanjut tidak bertahan hidup seperti relicensing atau menyampaikan.

Jika anda menambahkan istilah untuk bekerja tertutup sesuai dengan bagian ini, Anda harus menempatkan, dalam file sumber yang relevan, pernyataan persyaratan tambahan yang berlaku untuk file-file, atau pemberitahuan yang menunjukkan di mana untuk menemukan istilah yang berlaku.

Istilah tambahan, permisif atau non-permisif, dapat dinyatakan dalam bentuk lisensi terpisah tertulis, atau dinyatakan sebagai pengecualian, persyaratan di atas berlaku dengan cara baik.

8. Pemutusan.

Anda mungkin tidak menyebarkan atau memodifikasi karya ditutupi kecuali sebagaimana disediakan di bawah Lisensi ini. Setiap usaha lain untuk menyebarkan atau memodifikasinya adalah tidak sah, dan secara otomatis akan membatalkan hak-hak Anda di bawah Lisensi ini (termasuk lisensi paten diberikan di bawah paragraf ketiga dari bagian 11).

Namun, jika Anda menghentikan semua pelanggaran dari Lisensi ini, maka lisensi Anda dari pemegang hak cipta tertentu kembali (a) sementara, kecuali dan sampai pemegang hak cipta secara eksplisit dan akhirnya mengakhiri lisensi Anda, dan (b) secara permanen, jika pemegang hak cipta gagal untuk memberitahu Anda tentang pelanggaran dengan beberapa cara yang wajar sebelum sampai 60 hari setelah penghentian.

Selain itu, lisensi dari pemegang hak cipta tertentu kembali secara permanen jika pemegang hak cipta memberitahukan Anda tentang pelanggaran dengan beberapa cara yang masuk akal, ini adalah pertama kalinya Anda telah menerima pemberitahuan pelanggaran dari Lisensi ini (untuk pekerjaan) dari yang pemegang hak cipta, dan Anda menyembuhkan pelanggaran sebelum 30 hari setelah tanda terima pemberitahuan.

Pemutusan hak-hak Anda di bawah bagian ini tidak menghentikan lisensi dari pihak yang telah menerima salinan atau hak dari Anda di bawah Lisensi ini. Jika hak Anda telah dihentikan dan tidak permanen kembali, Anda tidak memenuhi syarat untuk menerima lisensi baru untuk materi yang sama di bawah pasal 10.

9. Penerimaan Tidak Diperlukan untuk Memiliki Salinan.

Anda tidak diharuskan menerima Lisensi ini untuk menerima atau menjalankan salinan Program. Tambahan propagasi dari sebuah karya semata-mata tertutup yang terjadi sebagai konsekuensi dari menggunakan peer-to-peer transmisi untuk menerima salinan juga tidak memerlukan penerimaan. Namun, tidak ada selain Lisensi ini memberi Anda izin untuk menyebarluaskan atau memodifikasi pekerjaan tertutup. Tindakan ini melanggar hak cipta jika Anda tidak menerima Lisensi ini. Oleh karena itu, dengan memodifikasi atau menyebarkan karya tertutup, berarti Anda menerima Lisensi ini untuk melakukannya.

10. Otomatis Perizinan Penerima Hilir.

Setiap kali Anda menyampaikan bekerja tertutup, penerima secara otomatis menerima lisensi dari pemberi lisensi asli, untuk menjalankan, memodifikasi dan menyebarkan yang bekerja, tunduk pada Lisensi ini. Anda tidak bertanggung jawab untuk menegakkan kepatuhan oleh pihak ketiga dengan Lisensi ini.

Sebuah “transaksi entitas” adalah kontrol transaksi mentransfer sebuah organisasi, atau secara substansial seluruh aset dari satu, atau membagi sebuah organisasi, atau penggabungan organisasi. Jika propagasi dari hasil kerja tertutup dari sebuah transaksi entitas, masing-masing pihak bahwa transaksi yang menerima salinan dari pekerjaan juga menerima apapun lisensi untuk pekerjaan pendahulunya partai dalam bunga telah atau bisa memberikan di bawah paragraf sebelumnya, ditambah hak untuk kepemilikan dari Sumber korespondensi pekerjaan dari pendahulunya dalam kepentingan, jika pendahulunya telah atau bisa mendapatkannya dengan upaya yang wajar.

Anda mungkin tidak memaksakan pembatasan lebih lanjut mengenai pelaksanaan hak-hak diberikan atau menegaskan bawah Lisensi ini. Misalnya, Anda tidak dapat mengenakan biaya lisensi, royalti, atau biaya lain untuk melaksanakan hak yang diberikan di bawah Lisensi ini, dan Anda tidak dapat memulai litigasi (termasuk klaim lintas atau balasan dalam gugatan) menyatakan bahwa setiap klaim paten dilanggar dengan membuat, menggunakan, menjual, menawarkan untuk dijual, atau mengimpor Program atau sebagian dari itu.

11. Paten.

Sebuah “kontributor” adalah pemegang hak cipta yang mengizinkan penggunaan di bawah Lisensi dari Program atau karya yang berbasis si Program tersebut adalah. Pekerjaan berlisensi sehingga disebut kontributor “kontributor versi”.

Sebuah kontributor “klaim paten penting” adalah semua paten klaim dimiliki atau dikendalikan oleh penyumbang, apakah sudah diperoleh atau selanjutnya diperoleh, yang akan dilanggar oleh beberapa cara, diizinkan oleh Lisensi ini, membuat, menggunakan, atau menjual versi kontributor, tetapi tidak termasuk klaim yang akan dilanggar hanya sebagai konsekuensi dari modifikasi lanjutan dari versi kontributor. Untuk tujuan dari definisi ini, “kontrol” termasuk hak untuk memberikan sublisensi paten dengan cara yang konsisten dengan persyaratan Lisensi ini.

Setiap kontributor memberi Anda non-eksklusif, di seluruh dunia, bebas royalti lisensi paten di bawah klaim esensial kontributor paten, untuk membuat, menggunakan, menjual, menawarkan untuk dijual, impor dan sebaliknya menjalankan, memodifikasi dan menyebarkan isi dari versi kontributor nya.

Dalam tiga paragraf berikut, sebuah “lisensi paten” adalah setiap perjanjian atau komitmen mengungkapkan, bagaimanapun mata uang, bukan untuk menegakkan paten (seperti izin untuk berlatih paten atau perjanjian untuk tidak menuntut atas pelanggaran paten). Untuk “hibah” seperti lisensi paten kepada pihak sarana untuk membuat semacam perjanjian atau komitmen untuk tidak menegakkan paten terhadap partai.

Jika Anda menyampaikan bekerja tertutup, sengaja mengandalkan lisensi paten, dan Sumber korespondensi pekerjaan tidak tersedia bagi siapa saja untuk menyalin, gratis dan di bawah persyaratan Lisensi ini, melalui server jaringan publik yang tersedia atau mudah diakses berarti, maka Anda harus baik (1) menyebabkan Sumber Sesuai dengan begitu tersedia, atau (2) mengatur untuk menghilangkan diri dari manfaat dari lisensi paten untuk pekerjaan tertentu, atau (3) mengatur, secara konsisten dengan persyaratan Lisensi ini, untuk memperpanjang lisensi paten ke penerima hilir. “Menyadari mengandalkan” berarti Anda memiliki pengetahuan aktual yang, tapi untuk lisensi paten, Anda menyampaikan pekerjaan yang tercakup dalam suatu negara, atau menggunakan penerima dari pekerjaan yang tercakup dalam suatu negara, akan melanggar satu atau lebih paten diidentifikasi di negara itu yang Anda memiliki alasan untuk percaya adalah valid.

Jika, sesuai dengan atau sehubungan dengan suatu transaksi tunggal atau pengaturan, Anda menyampaikan, atau menyebarkan dengan pengadaan angkutan, karya tertutup, dan memberikan lisensi paten untuk beberapa pihak yang menerima pekerjaan tertutup kuasa mereka untuk menggunakan, menyebarkan, memodifikasi atau menyampaikan salinan tertentu dari pekerjaan tertutup, maka lisensi paten Anda memberikan secara otomatis diperpanjang untuk semua penerima pekerjaan tertutup dan bekerja berdasarkan itu.

Sebuah lisensi paten “diskriminatif” jika tidak termasuk dalam lingkup cakupannya, melarang latihan, atau dikondisikan pada latihan non-satu atau lebih dari hak-hak yang secara khusus diberikan di bawah Lisensi ini. Anda tidak dapat menyampaikan pekerjaan tertutup jika Anda adalah pihak perjanjian dengan pihak ketiga yang dalam bisnis pendistribusian perangkat lunak, di mana Anda melakukan pembayaran kepada pihak ketiga berdasarkan tingkat aktivitas Anda menyampaikan pekerjaan, dan di mana hibah pihak ketiga, ke salah satu pihak yang akan menerima pekerjaan tertutup dari Anda, lisensi paten diskriminatif (a) sehubungan dengan salinan pekerjaan tertutup disampaikan oleh Anda (atau salinan yang dibuat dari salinan), atau ( b) terutama untuk dan sehubungan dengan produk tertentu atau kompilasi yang berisi karya tertutup, kecuali jika Anda masuk ke pengaturan itu, atau bahwa lisensi paten diberikan, sebelum 28 Maret 2007.

Tidak ada dalam Lisensi ini bisa ditafsirkan sebagai tidak termasuk atau membatasi lisensi tersirat atau pertahanan lain untuk pelanggaran yang lain mungkin tersedia untuk Anda di bawah hukum paten yang berlaku.

12. Tidak Penyerahan Kebebasan Orang Lain.

Jika kondisi yang dikenakan pada Anda (apakah dengan perintah pengadilan, kesepakatan atau lainnya) yang bertentangan dengan ketentuan dari Lisensi ini, mereka tidak alasan Anda dari kondisi Lisensi ini. Jika Anda tidak dapat menyampaikan bekerja tertutup sehingga secara simultan terpuaskan kesepakatan di bawah Lisensi ini dan kesepakatan yang lainnya, kemudian sebagai konsekuensi nya kita tidak dapat menyampaikan sama sekali. Misalnya, jika Anda menyetujui ketentuan yang mewajibkan Anda untuk mengumpulkan royalti untuk lebih lanjut menyampaikan dari mereka yang Anda menyampaikan Program, satu-satunya cara Anda bisa memenuhi kedua istilah tersebut dan Lisensi ini akan menahan diri sepenuhnya dari menyampaikan Program.

13. Jaringan jarak jauh Interaksi; Gunakan dengan GNU General Public License.

Menyimpang dari ketentuan lain dari Lisensi ini, jika Anda memodifikasi Program, versi modifikasi jelas harus menawarkan semua pengguna berinteraksi dengan itu dari jarak jauh melalui jaringan komputer (jika versi Anda mendukung interaksi tersebut) kesempatan untuk menerima Sumber Sesuai versi Anda dengan menyediakan akses ke Source Sesuai dari server jaringan tanpa dikenakan biaya, melalui beberapa cara standar atau adat memfasilitasi menyalin perangkat lunak. Source Sesuai meliputi Source sesuai untuk setiap pekerjaan yang dicakup oleh versi 3 dari GNU General Public License yang tergabung sesuai dengan paragraf berikut.

Menyimpang dari ketentuan lain dari Lisensi ini, Anda punya izin untuk menghubungkan atau menggabungkan pekerjaan ditutupi dengan karya berlisensi di bawah versi 3 dari GNU General Public License menjadi sebuah karya gabungan tunggal, dan untuk menyampaikan karya yang dihasilkan. Lisensi ini akan terus berlaku untuk bagian yang merupakan karya tertutup, tetapi bekerja dengan yang dikombinasikan akan tetap diatur oleh versi 3 dari GNU General Public License.

14. Revisi Versi Lisensi ini.

Free Software Foundation diperbolehkan menerbitkan versi revisi dan / atau versi baru dari Lisensi Publik Umum GNU Affero dari waktu ke waktu. Versi baru semacam itu akan memiliki semangat yang sama dengan versi sebelumnya, tapi dapat berbeda detil untuk menangani problem baru atau perhatian baru.

Setiap versi diberikan nomor versi yang membedakan. Jika Program menetapkan bahwa nomor versi tertentu dari Lisensi Publik Umum GNU Affero “atau versi” berlaku untuk itu, Anda memiliki pilihan untuk mengikuti syarat dan kondisi dari yang versi nomor atau salah satu versi berikutnya yang diterbitkan oleh Gratis Software Foundation. Jika Program tidak menentukan nomor versi dari Lisensi Publik Umum GNU Affero, Anda dapat memilih versi yang pernah diterbitkan oleh Free Software Foundation.

Jika Program menetapkan bahwa proxy dapat memutuskan mana versi masa depan dari Lisensi Publik Umum GNU Affero dapat digunakan, pernyataan publik bahwa proxy penerimaan versi secara permanen wewenang kepada Anda untuk memilih versi yang untuk Program.

Versi lisensi dapat memberikan izin tambahan atau berbeda. Namun, tidak ada kewajiban tambahan yang dikenakan pada setiap penulis atau pemegang hak cipta sebagai hasil dari Anda memilih untuk mengikuti versi yang lebih baru.

15. Penolakan Garansi.

TIDAK ADA JAMINAN UNTUK PROGRAM SAMPAI SEJAUH DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU. KECUALI JIKA ADA TULISAN YANG DISEBUTKAN PEMEGANG HAK CIPTA DAN / ATAU KELOMPOK LAIN YANG MENYEDIAKAN PROGRAM “SEBAGAIMANA ADANYA” TANPA JAMINAN APAPUN, BAIK TERSURAT MAUPUN TERSIRAT, TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, JAMINAN TERSIRAT TENTANG KELAYAKAN UNTUK DIPERDAGANGKAN DAN KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU . SEMUA RESIKO DARI KUALITAS DAN KEHANDALAN PROGRAM DITANGGUNG ANDA. JIKA TERJADI PROGRAM TERNYATA CACAT, ANDA MEMBUAT ASUMSI DARI BIAYA PERBAIKAN, PEMBETULAN DAN KOREKSI SEPERLUNYA.

16. Batasan Kewajiban.

DALAM KEADAAN TIDAK KECUALI DIBUTUHKAN OLEH HUKUM YANG ADA ATAU DISETUJUI DALAM TULISAN PEMEGANG HAK CIPTA, ATAU PIHAK LAIN YANG Memodifikasi DAN / ATAU menyampaikan PROGRAM SEPERTI YANG DIIZINKAN DI ATAS, ANDA BERTANGGUNG JAWAB ATAS KERUSAKAN, TERMASUK APAPUN UMUM, KHUSUS, INSIDENTAL ATAU AKIBAT KERUSAKAN YANG TIMBUL DARI PENGGUNAAN ATAU KETIDAKMAMPUAN UNTUK MENGGUNAKAN PROGRAM INI (TERMASUK NAMUN TIDAK TERBATAS PADA HILANGNYA DATA ATAU DATA MENJADI TIDAK AKURAT ATAU DISEBABKAN OLEH ANDA ATAU PIHAK KETIGA ATAU KEGAGALAN PROGRAM UNTUK BEKERJASAMA DENGAN PROGRAM LAIN), BAHKAN JIKA PEMEGANG HAK CIPTA ATAU PIHAK LAIN TELAH DIPERINGATKAN TENTANG KEMUNGKINAN KERUSAKAN TERSEBUT.

17. Interpretasi Bagian 15 dan 16.

Jika disclaimer jaminan dan pembatasan tanggung jawab yang diberikan di atas tidak dapat diberikan efek hukum lokal menurut istilah mereka, pengadilan meninjau berlaku hukum lokal yang paling mendekati suatu pengabaian mutlak dari semua tanggung jawab perdata sehubungan dengan Program, kecuali sebagai jaminan atau asumsi kewajiban menyertai salinan Program dengan imbalan biaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s