Software Patents


Software Patents adalah sebagai perlindungan terhadap penggunaan algoritma dalam aplikasi komputer. Yang dimaksud dengan algoritma bukanlah kode komputer yang tereksekusi, melainkan cara melakukan eksekusi komputer. Kendati menggunakan kode sumber yang lain, sebuah entitas pengimplementasi paten dapat dituntut oleh pemilik paten karena menggunakan cara yang sama dengan paten yang dimaksud.

Sebuah paten adalah seperangkat hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada pemegang paten untuk jangka waktu terbatas, biasanya 20 tahun. Hak-hak ini diberikan kepada pemohon paten dalam pertukaran untuk pengungkapan penemuan mereka. Setelah paten diberikan di suatu negara, tidak ada orang dapat membuat, menggunakan, menjual atau mengimpor / ekspor mengklaim penemuan di negara itu tanpa izin dari pemegang paten.  Izin, bila diberikan, biasanya dalam bentuk lisensi yang kondisi ditetapkan oleh pemilik paten: mungkin gratis atau dengan imbalan pembayaran royalti atau biaya lump sum.

Untuk mendapatkan paten, penemu harus mengajukan aplikasi paten di setiap negara dan setiap di mana mereka inginkan paten. Sebagai contoh, aplikasi terpisah harus diajukan di Jepang , Cina , yang Amerika Serikat dan India jika pemohon ingin mendapatkan hak paten di negara-negara.  Namun, beberapa kantor regional ada, seperti Kantor Paten Eropa (EPO), yang bertindak sebagai badan supranasional dengan kekuasaan untuk memberikan paten yang kemudian bisa dibawa berlaku di negara-negara anggota, dan prosedur internasional juga ada untuk mengajukan satu internasional aplikasi di bawah Patent Cooperation Treaty (PCT), yang kemudian dapat menimbulkan perlindungan paten di banyak negara.

Negara-negara yang berbeda dan kantor regional memiliki standar yang berbeda untuk pemberian paten. Hal ini terutama berlaku dari penemuan perangkat lunak atau komputer-diterapkan, terutama di mana perangkat lunak adalah menerapkan metode bisnis.

contoh awal dari sebuah paten perangkat lunak

Pada tanggal 21 Mei 1962, sebuah aplikasi paten Inggris berjudul “A Komputer Diatur Solusi Otomatis Linear Programming Masalah “diajukan. Penemuan ini berkaitan dengan manajemen memori yang efisien untuk algoritma simpleks , dan dapat diterapkan oleh perangkat lunak murni berarti .Paten diberikan pada 17 Agustus 1966 dan tampaknya menjadi salah satu paten perangkat lunak pertama.

Software paten di bawah hukum paten Amerika Serikat

Para Amerika Serikat Paten dan Trademark Office telah diberikan paten yang mungkin disebut sebagai paten perangkat lunak setidaknya sejak awal 1970-an. Dalam Gottschalk v. Benson (1972), Mahkamah Agung Amerika Serikat memutuskan bahwa paten untuk proses harus tidak diperbolehkan jika akan “sepenuhnya mendahului rumus matematika dan efek praktis akan menjadi paten pada algoritma itu sendiri”, menambahkan bahwa “itu adalah mengatakan bahwa keputusan menghalangi hak paten untuk program servis komputer Kami tidak. begitu terus “. [9] Pada tahun 1981, Mahkamah Agung menyatakan bahwa “klaim ditarik dengan subyek jika hukum tidak menjadi nonstatutory hanya karena menggunakan rumus matematika, program komputer, atau komputer digital” dan klaim yang dipatenkan jika berisi “rumus matematika [dan] mengimplementasikan atau menerapkan rumus dalam suatu struktur atau proses yang, ketika dianggap sebagai keseluruhan, adalah melakukan fungsi yang hukum paten dirancang untuk melindungi”. [10]

Karena perlakuan berbeda hak paten federal di berbagai bagian negara itu, pada tahun 1982 Kongres AS menciptakan sebuah pengadilan baru ( Sirkuit Federal ) untuk mendengar kasus-kasus paten. Setelah beberapa tengara keputusan pengadilan ini, pada 1990-an awal paten perangkat lunak telah mapan, dan pada tahun 1996 dikeluarkan Pedoman USPTO Akhir Terkait Pemeriksaan Komputer menyatakan bahwa “Sebuah aplikasi praktis dari suatu penemuan yang berkaitan dengan komputer adalah subjek hukum. Persyaratan ini bisa dilihat dari beragam diutarakan larangan terhadap paten ide-ide abstrak, hukum alam atau fenomena alam “(penekanan ditambahkan).

Ekspansi terbaru dari internet dan e-commerce telah menyebabkan banyak paten yang diterapkan untuk dan yang diberikan untuk metode bisnis diimplementasikan dalam perangkat lunak dan pertanyaan apakah metode bisnis yang subyek hukum adalah masalah yang terpisah dari pertanyaan apakah perangkat lunak. Ada beberapa percobaan penegakan sukses di Amerika Serikat, beberapa yang tercantum dalam daftar perangkat lunak paten artikel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s