Pengenalan Perangkat Lunak Komputer


4.1  Pengertian Perangkat Lunak (Software)

Merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras computer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras computer,berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras computer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.

4.2  Fungsi Perangkat Lunak Komputer

1. mengatur Input atau output dari computer.

2. Menyediakan dan Mengatur serta memerintah Hardware agar dapat      berjalan denagan baik.

3. Menjalankan Perintah tertentu pada sebuah system.

4.3 Macam-macam Perangkat Lunak

1. Sistem Operasi(Operating System).

Merupakan perangkat lunak yang mengoprasikan komputer dan menyediakan antar muka dengan perangkat lunak yang lain atau juga dengan user. Beberapa contohnya adalah Ms. DOS, Ms. Windows, Linux.

Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan Web browser.

Software ini mempunyai tugas dan fungsi, yaitu :

Secara lebih detail, fungsi-fungsi dari OS meliputi:

a. Pengaturan Processor, yaitu mengatur processor untuk dapat dijalankan oleh sistem komputer.

b. Pengaturan Memori, yaitu mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer.

c. Pengaturan Input/Output, yaitu koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan.

d. Pengaturan File, yaitu mengatur penyimpanan file dari berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya. Juga memungkinkan semua file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text editor atau dengan lainnya.

e. Menjalankan sistem prioritas, yaitu menentukan urutan pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sistem komputer, mulai dari yang paling utama, lalu yang kedua, dan seterusnya.

f. Interpretasi atau penerjemahan perintah-perintah dan instruksi-instruksi.

g. Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan komputer operator (manusia).

i. Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas.

2. Program Aplikasi(Application Programs).

Merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Beberapa contohnya adalah Aplikasi perbangkan, Aplikasi perkantoran.

Program Aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna dan perangkat lunak yang siap digunakan untuk keperluan tertentu.

Program Aplikasi ini terdiri dari beberapa macam paket program, antara lain :

  1. Program Pengolah Kata
  2. Program Pengolah Angka (Spread Sheet)
  3. Program presentasi/Animasi.

3. BahasaPemrograman(Programming Language),

Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan perangkat lunak yang lain. Bebrapa contohnya adalah Bahasa C++, Pascal, Visual Basic, Delphi, Java, PHP.

Program merupakan sebuah instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer. Deretan program dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman (language programming), yaitu sebuah software yang berfungsi untuk menerjemahkan bahasa yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin sehingga dapat dimengerti oleh komputer. Jadi, bahasa program melaksanakan suatu tugas aturan-aturan gramatik untuk memberikan perintah kepada komputer untuk kosa kata yang disebut kumpulan aturan syntax. Contoh: BASIC, pascal, bahasa C, bahasa C++, java, dan ActiveX., Visual basic (VB )

Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :

1. Bahasa tingkat rendah (low level language)

Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.

2. Bahasa tingkat tinggi (high level language)

Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL.

3. Bahasa generasi keempat (4 GL)

Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++.

4. Program Utilitas (Sistem Utility).

Software Utility yaitu software yang melakukan tugas-tugas khusus yang berkaitan dengan penanganan kinerja komputer, perangkat input, dan outputnya, serta program lain dalam sebuah komputer. Fungsi yang dilakukan oleh program utility ini antara lain, melihat file (file viewer), men-scan (memeriksa) disk dan merawat sistem, meng-kompress (memadatkan) file, serta mendeteksi dan menghilangkan virus

Contoh software ini diantaranya :

  1. Norton Utility.
  2. Winzip.
  3. Norton Ghost.
  4. Antivirus.

4.4 Pengertian Installasi dan Uninstall Aplikasi.

1. Pengertian Installasi.

Merupakan penambahan sebuah program Aplikasi di directory computer dengan proses dan persyaratan tertentu.

2. Pengertian Uninstall.

Merupakan cara untuk menghapus sebuah program aplikasi yang sudah ada atau sudah terinstall sebelumnya dalam sebuah directory computer.

One Comment Add yours

  1. marketing mengatakan:

    Wonderful pictures! Which is the kind of facts that should possibly be discussed around the web. Feel bad for on yahoo with no for a longer time placement this kind of organize increased! Can happen through and also check with this site. Thank you Means)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s