Pengenalan Sistem Operasi

on

1. Pengertian dan fungsi system operasi.
Sistem operasi adalah program yang bertindak sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer.
Sistem Operasi mempunyai fungsi untuk melakukan control dan koordinasi penggunaan perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user-user yang berbeda.

2. Pengertian dari:
a. Batch Sistem: Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.
b. Multi-Programming: di sini system operasi berfungsi multi program artinya bisa menampung dan menjalankan banyak program.
c. Time Sharing: atau multitasking adalah pengembangan dari sistem multiprogram dimana beberapa job yang berada pada memory utama dieksekusi oleh CPU secara bergantian.
d. Sistem Paralell: atau sistem multiprosessor mempunyai lebih dari satu prosessor yang dapat berkomunikasi, membagi bus, clock dan juga perangkat memory dan peripheral. Sistem ini disebut sebagai tightly coupled system.
e. Sistem Terdistribusi: Sistem ini mendistribusikan komputasi diantara beberapa prosessor. Prosessor berkomunikasi dengan prosessor lain melalui saluran komunikasi, misalnya bus kecepatan tinggi atau saluran telepon.
f. Sistem Cluster: sistem ini memungkinkan dua atau lebih sistem untuk membagi penyimpan sekunder (storage) bersama-sama.
g. Sistem Real Time: Salah satu bentuk sistem operasi untuk keperluan khusus.
h. Sistem Handheld: sistem yang lebih kecil dari mikrokompuer dalam bentuk personal digital assistants (PDA).

3. Struktur Sistem Operasi.
a. Komponen Sistem, terdiri dari: manajemen proses, manajemen memori utama, manajemen file, manajemen sistem I/O, manajemen penyimpan sekunder, system jaringan, system proteksi dan system command interpreter.
b. Layanan Sistem Operasi: Sistem operasi menyediakan layanan untuk programmer sehingga dapat melakukan pemrograman dengan mudah.
c. Sistem Call: System yang menyediakan antar muka antara program yang sedang berjalan dengan sistem operasi.
d. Sistem Program: System yang menyediakan lingkungan yang nyaman untuk pengembangan dan eksekusi program.
e. Struktur system Operasi: Sistem komputer modern yang semakin komplek dan rumit memerlukan sistem operasi yang dirancang dengan sangat hati-hati agar dapat berfungsi secara optimum dan mudah untuk dimodifikasi. Biasanya terdiri dari bernagai macam system operasi.
f. Mesin Virtual: Konsep dasar dari mesin virtual ini tidak jauh berbeda dengan pendekatan terlapis, hanya saja konsep ini memberikan sedikit tambahan berupa antarmuka yang menghubungkan perangkat keras dengan kernel untuk tiap-tiap proses.

4. Contoh Sistem Operasi Komputer.
– DOS (Disk Operatin System), merupakan sistem operasi yang termasuk character user interface.
– Mac OS adalah sistem operasi macintosh yang dikeluarkan oleh perusahaan Apple sebenarnya merupakan sistem opersi berbasis GUI.
– Sistem operasi UNIX , merupakan sistem operasi yang sangat tangguh untuk menangani data dan informasi dalam jumlah yang sangat besar.
– Microsoft Windows, keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).
– Linux, merupakan product dari bahasa unix dimana pada system operasi ini tidak ada yang namanya pembajakan atau anti pembajakan karena system operasi ini bersifat open source yang bebas di gunakan siapapun.

5. Fungsi dari system operasi sudah mewakili bagaimana hubungan antara OS, Hardware dan juga Software, adapun fungsinya yaitu mengontrol system kerja dari hardware yang mengeksekusi sebuah perintah dai sebuah program atau pun software lain.

5 Comments Add yours

  1. bangilan punya mengatakan:

    okey banget mas brow,,,,,
    mantap

    1. class11dtpl mengatakan:

      lanjutkan tetap sebagai pemikir yang sukses…

  2. bekan mengatakan:

    sukses slalu pkokny………..tambah semangat

    1. arinie van sweetbeauty mengatakan:

      i like it,,lnjutkan ttp smngat dmi ksuksezan brsmaa,qt dkung arek lamongaan,.

      1. class11dtpl mengatakan:

        oklah.. lanjutkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s