Beranda > Artikel > Program Aplikasi Spreadsheet dan Presentasi

Program Aplikasi Spreadsheet dan Presentasi


1. Program Aplikasi Spreadsheet merupakan software (program) untuk menangani (mengolah) data dalam bentuk baris dan kolom. Spreadsheet Mempunyai Fungsi Menampilkan dan memanipulasi data dalam baris dan kolom.

Program Aplikasi Presentasi Merupakan Program aplikasi yang dapat mengolah data grafis yang bersifat intrfice, yang biasanya berbentuk slide. Aplikasi presentasi mempunyai fungsi untuk membuat document atau slide dengan tampilan yang baik dan digunakan untuk presentasi.

2. Contoh Aplikasi Spreadsheet dan Presentasi.

2.1. Contoh Aplikasi Spreadsheet.

  1. Microsoft Excel merupakan Program Aplikasi yang mempunya tampilan interface grafik dan mempunyai Menu data yang cukup lengkap. Ms.Excel merupakan salah satu paket dari Microsoft office.
  2. StarOffice Calc atau StarCalc merupakan spreadsheet bagian dari paket perkantoran StarOffice yang sekarang dikenal dengan nama OpenOffice.
  3. Gnumeric merupakan bagian dari lingkunan desktop GNOME: suatu projek untuk membuat suatu lingkungan desktop yang gratis dan mudah digunakan.
  4. Siag merupakan singkatan dari Scheme In A Grid, suatu spreadsheet berbasis X-window di lingkungan Unix.
  5. Abs merupakan suatu program spreadsheet yang berdiri sendiri yang dapat dijalankan pada sembarang platform Unix (Linux).

2.2. Contoh Aplikasi Presentasi.

  1. Microsoft Power Point merupakan sebuah software yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft, dan merupakan salah satu program berbasis multi media.
  2. KPresenter merupakan Program pembuat presentasi yang sepertinya memang mengerti kebutuhan Anda. Dengan interface yang indah dan mudah, pembuatan presentasi menjadi kegiatan yang menyenangkan.
  3. OpenOffice Impress: Tidak jauh berbeda dengan Writer atau TextDocument yang mirip MS Word, dan SpreadSheet (Calc) yang mirip dengan MS Excel, Presentation (Impress) ini juga sangat mirip dengan MS PowerPoint.
  4. MagicPoint adalah suatu alat bantu presentasi berbasis XWindow. Alat bantu ini didisain untuk membuat presentasi yang sederhana dan mudah dan juga memungkinkan membuat suatu presentasi yang komplek.
  5. Presentation X3 dari Corel Corporation mempunyai fitur lengkap yang kita perlukan untuk menghasilkan sebuah usulan proyek, laporan-laporan dan demonstrasi-demonstrasi yang interaktif, presentasi-presentasi multimedia dan lain-lain Presentation X3 menyediakan keserasian yang dimiliki oleh dengan Microsoft PowerPoint dan memiliki kemampuan untuk meng-export file presentasi ke format PDF.

3. Menjalankan Program Aplikasi.

3.1. Program Aplikasi Spreadsheet Microsoft Excel: Start >> All Program >> Microsoft Office >> Microsoft Excel.

3.2.Program Aplikasi Presentasi Microsoft Power Point: Start >> All Program >> Microsoft Office >> Microsoft Power Point.

4. Gambar Ms. Excel 2007 dan Ms. Power Point di mohon cari sendiri hehehehe….

5. Konsep Dasar Program Aplikasi Spreadsheet.

1. Tentukan tujuan spreadsheet Anda. Spreadsheet dapat digunakan untuk menyimpan data terorganisir untuk daftar atau menyelesaikan perhitungan yang rumit. Mendefinisikan tujuan spreadsheet Anda adalah kunci untuk mengatur itu.
2. Label kolom dan baris sehingga Anda tahu apa data untuk dimasukkan ke dalam sel sel dalam spreadsheet Anda. Untuk membantu membuat pos ini berdiri keluar dari sisa spreadsheet Anda Anda dapat mengubah jenis font, warna atau ukuran sel-sel ini.
3. Masukkan data Anda. Ketika memasukkan data dalam spreadsheet, pastikan Anda memasukkan ke dalam sel yang benar.
4. Proofread spreadsheet Anda. Pastikan data yang Anda masukkan ke dalam sel-sel Anda tidak memiliki kesalahan ketik. Kesalahan ini terutama berbahaya jika Anda memasukkan data untuk perhitungan matematis.
5. Menambahkan rumus matematika. Ada banyak program spreadsheet yang tersedia di pasar saat ini, dan masing-masing memiliki persyaratan sendiri untuk suatu formula. Jika Anda tidak yakin bagaimana untuk memasukkan rumus, gunakan fungsi petunjuk pada panel alat spreadsheet Anda untuk mendapatkan bantuan.
6. Verifikasi perhitungan sudah benar. Cobalah melakukan perhitungan Anda untuk rumus Anda menggunakan kalkulator, dan kemudian membandingkan hasilnya dengan spreadsheet Anda. Hal ini dapat membantu Anda menentukan apakah Anda memasukkan rumus dalam sintaks yang benar untuk spreadsheet Anda.
7. Menambahkan teks baik dalam sel ke kiri atau di atas sel dengan hasil perhitungan Anda. Teks ini harus memberikan deskripsi singkat tentang apa rumus menghitung Anda.
8. Format sel dalam spreadsheet Anda. Setelah Anda tahu bahwa Anda memiliki spreadsheet Anda ditata secara benar dengan kolom dan baris yang didefinisikan, dan anda dimasukkan dengan benar rumus Anda bisa mengurus fitur estetika spreadsheet. Pilih salah satu sel di mana Anda ingin mengubah warna font, ukuran, atau jenis dan membuat perubahan-perubahan tersebut menggunakan font pilihan pilihan dalam spreadsheet Anda. Mengatur lebar, tinggi dan pembentukan sel-sel Anda untuk memastikan bahwa data Anda dapat dilihat dalam spreadsheet Anda.
9. Buat nama file yang menjelaskan spreadsheet Anda dan menyimpan file dalam suatu lokasi di komputer Anda yang mudah Anda ingat.

Selamat mengerjakan Good luck..!!!!

About these ads
  1. 15 Jun 2013 pukul 14:40

    Terima kasih infonya

  2. 13 Agu 2014 pukul 08:37

    thank haha

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 55 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: